Sabtu, 30 Agustus 2014

Pantai Melawai, Balikpapan

Awal saya pertama kali menginjakkan kaki di Balikpapan, Pantai Melawai adalah pantai pertama yang saya kunjungi. Ini dikarenakan letaknya yang tak begitu jauh dari tempat tinggal saya di Balikpapan. Cukup waktu 10-15 menit saya sudah bisa menikmati semua pesona yang ditawarkan Pantai Melawai ini. Pantai Melawai berada di sepanjang Jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Keunikan Pantai Melawai adalah saat petang akan banyak pengunjung duduk beralas tikar sambil menanti matahari terbenam dan menikmati pemandangan kapal-kapal yang sedang berlabuh, menurunkan muatan di Pelabuhan Semayang, atau berlayar di Teluk Balikpapan. Tak jauh dari daratan ada dua buah pulau yang mana yang dekat dengan Pantai Melawai ini adalah Pulau Babi dan yang agak jauh adalah Pulau Tukung. Saat air surut kita dapat mengunjungi Pulau Babi dengan berjalan kaki, di Pulau ini juga sering digunakan untuk spot foto selain untuk yang hobi mancing. Dari sini kita bisa menikmati hembusan angin laut yang menyejukkan, deburan ombak dan aktifitas di Pelabuhan Semayang. 

Kondisi saat surut di Pantai Melawai

Beberapa orang sedang memancing di Pulau Babi
Sementara Pulau Tukung menurut cerita disana terdapat makam dan pernah juga sebagai tempat shooting acara misteri disalah satu TV nasional. Maklum saya sendiri belum pernah kesana jadi tidak banyak informasi yang saya tahu.  Tak seperti Pulau Babi untuk dapat sampai ke Pulau Tukung ini kita harus naik speedboad. 
Pulau Tukung
Balikpapan merupakan kota yang menghadap timur, tepatnya menghadap selat Makassar. Dan dari posisi geografinya yang menghadap timur , spot untuk melihat sunset berarti mungkin tidak ada. Tetapi, teorinya terbantahkan dengan posisi Pantai Melawai yang sedikit berada di teluk kecil menjadikannya spot sunset terbaik di Balikpapan. Pantai ini adalah tujuan wisata favorit di pusat kota. Pantainya terletak di antara pelabuhan Semayang dan pantai Banua Patra. Daerah ini juga merupakan pusat makanan dan minuman di malam hari.
Suasana sore disepanjang Melawai
Pantai Melawai masih berada di pusat kota, tepatnya tidak begitu jauh dari komplek Pertamina dan Pelabuhan Balikpapan dan berada di pinggir salah satu jalan protokolnya Balikpapan, Jln Sudirman. Pantai Melawai memiliki pemandangan yang indah dengan jaraknya yang dekat dengan pusat kota, Balikpapan Center atau sekitar 5 menit ke arah selatan. Di sepanjang pesisir Pantai Melawai beberapa kafe yang menawarkan makanan, minuman dan camilan untuk menemani duduk santai. Setiap weekend biasanya tempat ini ramai dikunjungi para muda-mudi, serta keluarga yang sekedar untuk menghabiskan malamnya disini.

Suasana malam di Melawai
Dan untuk menuju lokasi Pantai Melawai ini sangat mudah karena letaknya yang sangat strategis dan dilalui angkutan umum. Jika berkunjung ke Balikpapan jangan sampai terlewatkan dalam agenda Anda untuk menengok keromantisan saat menghabiskan malam bersama pasangan ditemani nyala lampu kapal yang hilir mudik, suara deburan ombak serta hembusan angin yang menyejukkan suasana malam disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar